Catatan pengalaman & pelajaran tantho

Berkenalan dengan Joomla

Apa tuh Joomla!? Siapa dia? Kata orang "Tak kenal maka tak sayang"
Nah biar sayang sama si Joomla!, kita kenalan dulu yuks..
***
Joomla! adalah sebuah Content Management System (CMS) yang dibuat menggunakan bahasa PHP (PHP Hypertext Processor). Istilah Joomla diambil dari bahasa Shawili yang berarti “all together” atau “as a whole” atau ”bersama-sama”.
Sejarah munculnya Joomla adalah karena ada sedikit “konflik” antara develop (pengembang) Mambo dengan founder (pembuat program) Mambo. Pihak founder berkeinginan untuk membentuk sebuah perusahaan bernama Mambo Foundation, namun para pengembang tidak setuju karena mereka beralasan bahwa jika Mambo sudah ditangani oleh sebuah perusahaan secara otomatis Mambo akan menjadi sebuah software yang komersial. Padalah tujuan awal dibuatnya Mambo adalah free (gratis) untuk semua orang dan siapapun boleh menggunakan, menduplikasi, atau bahkan memoddifikasi.
Kondisi seperti ini memicu para develop yang memiliki tanggung jawab dan hati nurani kepada user membuat mereka hengkang dari kepengurusan Mambo. Yang pada akhirnya para develop yang tidak setuju tersebut bergabung dan menciptakan sebuah software “tandingan” Mambo. Maka terciptalah sebuah sofware yang memiliki bentuk dan fungsi yang sama persis bernama Joomla.
Hampir seluruh modul maupun komponen untuk Mambo dapat pula digunakan pula pada Joomla. Meskipun program ini menggunakan bahasa php, bukan berarti harus paham seluruhnya tentang kode php. Bagi mereka tidak memahami kode HTML, Javascript, ASP, CGI, , maupun php tidak perlu takut untuk mempelajarinya karena meskipun tidak tahu tentang kode-kode tersebut, orang bisa membuat sebuah web secara cepat dengan beberapa fitur yang sangat kompleks.
Joomla juga mudah di installasi, mudah dalam pengelolaannya dan dapat dimodifikasi sesuai kebutuhan kita. Oleh karena itu Joomla mempunyai prinsip fleksibel, simple, elegant, customizable, dan powerful.
****
Yup, cukup segitu dulu penggalan dari sumber yang saya lupa dari mana. Komen dari saya, Pokoke Joomla! sangat mantab karena bisa buat website yang ruwet tapi keren dengan gampang. Yang belom ngerti pemrograman, dengan joomla! insyaAllah akan bisa!. Yang Ngerti pemrograman, tentu membuat website jadi semakin powerfull sesuai yang dikehendaki. Buat yang belom jago sama joomla, yuk belajar bareng. buat yang udah jago, ajarin kita donk..

0 Comments: