Catatan pengalaman & pelajaran tantho

Belajar PHP

Saat ini saya sedang tertarik untuk belajar membuat website. Salah satu pemrograman dalam membuat website adalah PHP. Maka Mulai hari ini saya mau belajar PHP dan menuliskan ilmu yang saya dapat tentang PHP di blog ini. Namanya juga baru belajar, Jadi kalu ada yang salah, silahkan untuk di koreksi sehingga kita semua dapat mencerdaskan bangsa ;). Kenapa memilih PHP? Apa itu PHP?
Singkatan PHP pada awalnya adalah Personal HomePage, namun seiring dengan perkembangannya berubah menjadi Hypertext Preprocessor. PHP dikategorikan bahasa skrip server-side (seperti ASP), maksudnya skrip program yang kita buat akan dieksekusi oleh server sedangkan yang dikirimkan ke browser hanya hasilnya saja, tidak seperti HTML yang dieksekusi oleh client, makanya HTML dikategorikan bahasa skrip client-side, dengan kata lain diperlukan sebuah server jika ingin menjalankan skrip program PHP yang sudah kita buat. PHP salah satu perangkat lunak open source (OSS, Open Source Software) yang gratis digunakan dan didownload (dapat didownload di http://www.php.net).

Dengan menggunakan PHP maka maintenance suatu situs web menjadi lebih mudah. Proses Update data dapat dilakukan dengan menggunakan aplikasi yang dibuat dengan menggunakan script PHP. Kode / script PHP diapit dengan menggunakan tag awal dan tag akhir yang khusus, yang memungkinkan pemrogram untuk masuk dan keluar dari mode script PHP. PHP secara dasar dapat mengerjakan semua yang dapat dikerjakan program CGI, seperti mendapatkan data dari atau menghasilkan isi halaman web yang dinamik.
Banyak aplikasi yang dibuat menggunakan PHP seperti Joomla, Mambo, Media Wiki, PhpBB, SubDreamer, PostNuke dan lain sebagainya. PHP memiliki beberapa kelebihan yang tidak dimilki oleh bahasa sejenisnya, seperti:
1. PHP gratis dan Open Source.
2. PHP mudah dibuat dan cepat dijalankan.
3. PHP dapat berjalan pada sistem operasi UNIX, Windows, dan Mancintosh
4. PHP dapat berjalan pada web server yang berbeda dalam OS yang berbeda pula.
5. PHP adalah salah satu bahasa Serve-side yang paling populer saat ini.
6. PHP mudah dihubungkan dengan berbagai macam aplikasi database.
7. PHP mendukung untuk berkomunikasi dengan layanan lain menggunakan protokol IMAP, SNMP, NNTP, POP3, HTTP, dan lainnya.
8. Cari tau sendiri ya, masih ada kok..



0 Comments: